21 September 2019 11:19:36
Ditulis oleh Admin

MUSDUS pengkajian keadaan Dusun dan penyusunan RPJMDes di RW O4

Dusun merupakan suatu wilayah yang ada dibawah Desa, di dalam Dusun umumnya terdiri dari beberapa RT dan RW. Sedangkan musyawarah dusun adalah musyawarah yang dilakukan oleh Kadus atau pemerintah Desa untuk mengidentifikasi potensi dan permasalahan di lingkungan dusun, yang mencakup bidang sosial-budaya, ekonomi produktif warga, dan sarana prasarana fisik lingkungan.

Malam ini (kamis. 20, September 2019) merupakan musyawarah Dusun Koro RW 04 yang ke Dua setalah kemarin dilakukan di RW 05. Musyawarah Dusun RW 04 dilaksanakan di Darussalam Centre.

Metode yang dipakai dalam proses penggalian gagasan menggunakan cara diskusi kelompok terarah atau Focus Group Discussion (FGD). Dalam proses diskusi Tim penyusun RPJMDesa membaur dengan peserta musyawarah. Tujuannya agar semua peserta musyawarah mampu menyampaikan ide dan gagasan semua warga.

Hadir dalam musyawarah Dusun RW 04 Kepala Desa Pongpongan Luqmanul Hakim, Ketua BPD Pongpongan Aji Dahlan, kepala Dusun Muntahar dan seluruh perwakilan kepala Keluarga yang ada di wilayah RW 04. Selain dibuka sesi tanya jawab secara langsung musyawarah Dusun juga mengunakan form isian pertanyaan, tujuannya agar selain menyingkat waktu juga mengakomodir seluruh usulan warga.

Aji Dahlan menyampaikan bahwa dalam penggalian gagasan ini yang muncul tidak hanya usulan pembangunan fisik saja, tetapi juga ada usulan pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Musyawarah Dusun selesai jam 22.30.



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus