19 September 2019 01:37:05
Ditulis oleh Admin

Musyawarah Dusun RPJM Desa di RW lima Desa Pongpongan

pongpongan-merakurak.desa.id Dalam Rangka Pengkajian keadaan Desa dan Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa ( RPJM Desa ) tahun 2019 – 2025, Pemerintah Desa Pongpongan Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban menggelar Musyawarah Dusun ( MUSDUS ) Dusun Koro yang dilaksanakan selama tiga hari mulai hari Rabu 18 September 2019 sampai dengan tiga hari kedepan. Musdus Pertama dilakukan di wilayah Dusun Koro RW lima bertempat di halaman Mts Salafiyah Al Amin.

Musyawarah Dusun atau yang disingkat menjadi Musdus dilakukan dalam rangka menemukan potensi dan peluang pendayagunaan sumber daya Desa, dan masalah yang dihadapi Desa. Hasil penggalian gagasan menjadi dasar bagi pemerintah Desa Dalam merumuskan usulan rencana pembangunan Desa.

Musdus dilakukan pada malam hari pukul 19.30 mengingat kesibukan warga Koro Desa Pongpongan yang tidak memungkinkan dilaksana pada siang hari. Musdus dipandu oleh Sekretaris Tim RPJM Desa, Bisyri Mustofa dan dibuka dengan menyakinkan lagu Indonesia raya.

Kegiatan Musyawarah Dusun ini di hadiri oleh Kepala Desa Pongpongan Luqmanul Hakim, perwakilan LPMD wilayah RW lima Suwito, anggota BPD wilayah RW lima ika lailatul M, dan seluruh masyarakat RW lima perwakilan kepala Keluarga masing-masing.

Dalam sambutannya Kepala Desa Pongpongan Luqmanul Hakim meminta masukan dan usulan sebanyak-banyaknya bagi masyarakat RW lima, harapannya pembangunan Desa kedepan berorientasi pada kebutuhan masyarakat. "Silahkan diusulkan unek-uneknya, mari kita bangun bersama Desa kita" kata Luqman.

Tim penyusun RPJMDesa menyiapkan dua cara penyampaian usulan, pertama usulan secara langsung dengan cara tanya jawab sekaligus pemaparan kebutuhan pemanfaatannya kedua usulan dengan menuangkan gagasan di form tertulis. Usulan secara langsung dibatasi 10 usulan karena mengingat waktu pada malah hari dan ratusan usulan di tulis pada form yang dibagikan kepada masyarakat yang hadir pada musdus tersebut.

"Sesi tanya jawab kita batasi 10 warga saja mengingat waktu malam hari, untuk menampung semua aspirasi warga kita siapkan form isian agar semua usulan warga terakomodir" terang Tabah Ali selaku moderator Musdus.



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus