18 Desember 2019 23:13:30
Ditulis oleh admin

MUSRENBANG RKPDES Pongpongan 2020, prioritas peningkatan kesejahteraan masyarakat

http://www.pongpongan-merakurak.desa.id/first/artikel/115 Desa Pongpongan Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban Jawa Timur menyelenggarakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Desa, Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) Tahun 2020 dan Usulan DU RKP 2021, Senin (16 Desember 2019).

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dilanjut sambutan dari Kepala Desa Pongpongan Luqmanul Hakim, dalam sambutannya Kades meminta agar seluruh undangan menyampaikan usulan prioritas pembangunan di Pongpongan berdasarkan penggalian gagasan di wilayah RW beberapa waktu yang lalu.

"Silahkan bapak ibu menyampaikan usulan prioritas pembangunan berdasarkan penggalian usulan di tiap tiap RW kemarin, mana menurut bapak ibu yang paling prioritas" ujar Kades.

Musrenbang Desa tersebut di hadiri oleh BPD Desa Pongpongan, Kasi Pemberdayaan Kecamatan Merakurak M. Muklis, Bhabinsa Serka Hadi Purnomo, Babhinkabtimas Aiptu Handoyo, Pendamping Desa Sugiarto , Kepala Dusun, Ketua RW dan RT, tokoh-tokoh masyarakat, agama, dan pemuda.

Dalam rapat tersebut pendamping Desa Pongpongan Sugiarto menjelaskan prioritas penggunaan Dana Desa adalah untuk pembangunan Desa yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan.

"Dana Desa boleh dipergunakan untuk menciptakan lapangan kerja yang berkelanjutan, boleh untuk meningkatkan pendapatan ekonomi bagi keluarga miskin, yang intinya dana desa harus berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat" harapnya.

Perlu diketahui berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 66 tahun 2007, Rencana Kerja Pembangunan Desa yang selanjutnya disingkat (RKP-Desa) adalah dokumen perencanaan untuk periode 1 (satu) tahun dan merupakan penjabaran dari RPJM-Desa yang memuat rancangan kerangka ekonomi desa, dengan begitu maka musyawarah perencanaan pembangunan Desa wajib dilaksankan ditiap tahunnya untuk mendorong partisipasi masyarakat dengan mengacu kepada Rencana Kerja Pemerintah Daerah dan RPJM-Desa.



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus