09 September 2019 11:18:03
Ditulis oleh Admin

GERAK CEPAT KEPALA DESA BARU MEMBENTUK LPMD




belum genap sebulan dilantik kepala Desa Pongpongan Lukmanul Hakim gerak cepat membentak LPMD (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa), hal ini dilakukan karena dalam kurun waktu tiga bulan setelah dilantik Kepala Desa harus menyelesaikan RPJMDesa.

LPMD merupakan Lembaga atau wadah yang dibentuk atas prakarsa masyarakat yang difasilitasi Pemerintah melalui musyawarah dan mufakat, sebagai mitra pemerintah Desa dalam menampung dan mewujudkan aspirasi serta kebutuhan masyarakat di bidang pembangunan.

Kepala Desa Pongpongan berharap LPMD terbentuk segera bisa bekerja bergabung dengan Tim penyusun RPJMDesa. Karena sesuai dengan tugas pokok LPMD sebagai mitra pemerintah Desa Dalam Perencana Pembangunan, menggerakkan dan meningkatkan prakarsa dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, serta menumbuhkan kondisi dinamis masayarakat untuk mengembangkan dan meningkatkan kemakmuran masyarakat Desa Pongpongan.

Berdasarkan surat edaran Camat Merakurak LPMD untuk Desa dengan jumlah penduduk dibawah lima ribu diisi 5 anggota LPMD. Di Pongpongan, 5 anggota LPMD dipilih berdasarkan perwakilan wilayah masing-masing. Berdasarkan hasil rapat Desa Pongpongan LPMD Desa Pongpongan periode 2019-2025:
Wilayah RW 01 diisi: Didik Nur Hanafi
Wilayah RW 02 diisi: Sutikno
Wilayah RW 03 diisi: Kacung Dedi Wibowo
Wilayah RW 04 diisi: Bisyri Mustofa
Wilayah RW 05 diisi: Suwito

Mekanisme perwakilan wilayah yang dipakai dalam pembentukan LPMD kali ini mengadopsi pemilihan BPD berapa waktu yang lalu, pemerintah Desa Pongpongan menilai LPMD yang dipilih berdasarkan perwakilan wilayah akan lebih mudah bekerja dalam pemetaan pembangunan di wilayah kerja mereka masing-masing.

Menurut Ketua BPD Aji Dahlan. Lembaga kemasyarakatan Desa tidak hanya LPMD saja, tetapi juga lembaga lembaga lain seperti RT, RW, Karang Taruna dan lembaga-Lembaga lain yg ada di Desa.

Dalam sambutannya Lukmanul Hakim Kades Pongpongan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terlibat dalam rangkaian kegiatan pembangunan Desa, partisipasi masyarakat sangat kita butuhkan dalam pembangunan Pongpongan yang lebih baik dan maju. Untuk itu kami butuh kerja keras LPMD sebagai mitra pemerintah Desa Dalam menyamakan misi pembangunan.



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus