04 September 2019 20:06:09
Ditulis oleh Admin

Pongpongan Hadir di Bursa Inovasi Desa Tuban

Bursa Inovasi Desa adalah forum penyebaran informasi dan pertukaran inovasi masyarakat yang berkembang di Desa-Desa di lingkup Kabupaten. Bursa Inovasi ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Model Pengelolaan Inovasi untuk meningkatkan pemanfaatan Dana Desa.

Hari ini (Rabu, 4 September 2019), pemerintah Desa Pongpongan beserta BPD dan tokoh masyarakat mendapat kesempatan untuk hadir dalam acara tersebut, bagi kepala Desa yang baru saja dilantik dan masih belajar berdesa adalah sebuah pengalaman yang sangat berharga.

"Acara ini sangat membantu saya dalam belajar berdesa dengan baik, saya bisa melihat Desa Desa lain berkembang dalam memanfaatkan Dana Desa dengan memanfaatkan potensi Desa tersebut", penyampaian Kepala Desa Pongpongan Lukamnul Hakim.

Dalam bursa inovasi Desa kita bisa menyaksikan berbagai capaian Desa dalam mengelola Sumber dayanya. Seperti Desa Sambung Gede yang menjadikan Dam merakurak menjadi wisata Kampung Air dan Desa Socorejo yang menjadikan sampah sebagai alat pembayaran BPJS ketenagakerjaan warganya melalui bank sampah.

Dalam mengikuti bursa inovasi Desa, Pemerintah Desa Pongpongan akan membangun komintemen replikasi, meniru inovasi yang sesuai dengan kebutuhan Desa Pongpongan, dan maju dalam menjalankan inovasi tersebut.

Setelah rangkaian acara bursa inovasi Desa selesai, Desa peserta diminta menyerahkan kartu komitmen inovasi yang akan dijalankan. Pemerintah Desa Pongpongan membuat dua komitmen Inovasi.
Pertama pembangunan jalan usaha Tani : jalan multifungsi. Selain sebagai jalan usaha Tani jalan tersebut nantinya juga menghubungkan dua Dusun, Dusun Koro dan Dusun Tegal Kidol.
Kedua inovasi Lumbung Desa, tujuannya untuk menyerap hasil tani warga Desa Pongpongan agar tidak dimonopoli tengkulak.



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus